blank

Dampak Buruk Terlalu Banyak Memakan Mie Instant

Dampak Buruk Terlalu Banyak Memakan Mie Instant – Mie instan adalah makanan cepat saji atau junk food yang sering kita temui sehari-hari. Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini. Rasanya enak tetapi sebenarnya banyak efek buruk untuk kesehatan tubuh kita yang sering memakannya. Lalu apa saja bahaya atau dampak buruk bagi kita yang sering mengkonsumsi mie instant ini? Berikut adalah dampak buruk terlalu banyak memakan mie instant :
1. Menyebabkan Kanker
Beberapa mie instant dikemas dalam styrofoam, dimana styrofoa, adalah agen yang dapat menyebabkan kanker. Utamanya mie yang hanya disajikan dengan direndam air panas, saat terkena panas, zat kimia didalam styrofoam ini akan ikut bereaksi dan bisa ikut larut dan masuk ke dalam tubuh.
2. Menghambat Penyerapan Nutrisi
Mie instant akan menghambat dan membatasi penyerapan nutrisi makanan. Terutama mereka yang berusia dibawah 5 tahun, disarankan untuk tidak sama sekali diberi konsumsi mie. Mie ini sangat berbahaya untuk anak-anak, karena dapat mencegah penyerapan nutrisi, kurang gizi, kerdil dan bahkan perkembangannya lambat.
3. Mengacaukan Metabolisme Tubuh
Apabila dikonsumsi terus menerus dan dalam jangka waktu yang panjang, maka mie instan dapat mengacaukan metabolisme tubuh. Akumulasi zat kimia berbahaya seperti pengawet dan pewarna akan menjadi racun didalam tubuh.
4. Menyebabkan Keguguran
Beberapa kasus keguguran yang mirisnya disebabkan oleh seringnya mengkonsumsi mie instant. Ternyata mie instan memberikan dampak buruk pada janin, sehingga akhirnya keguguran pun terjadi.
5. Menyebabkan Kerusakan pada Tubuh
Mie instant mengandung propylene glycol, sejenis bahan anti beku yang akan mencegah mie menjadi kering. Apabila tubuh menyerap zat tersebut, maka ia akan ditumpuk di area hati, liver serta ginjal. Zat tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh, terutama tida area tersebut, kemudian melemahkan immune tubuh.
6. Kegemukan
Mengkonsumsi mie instant secara rutin juga menyebabkan kegemukan. Jumlah lemak dan sodium yang tinggi menyebabkan tidak dapat diserap oleh tubuh dan akan menumpuk menjadi lemak.
7. Mengganggu Sistem Pencernaan
Bahaya bagi pencernaan apabila dikonsumsi lebih dari sekali dalam sehari. Mie instan dapat berpotensi membahayakan pencernaan, biasanya problem pertama yang muncul adalah rasa begah, susah buang air besar dan ketidaknyamanan pada bagian perut.
8. Kandungan MSG yang berbahaya
Anda harus hati-hati pada kandungan MSG dalam mie instant yang cukup tinggi karena mereka yang tidak tahan dan alergi terhadap MSG biasanya merasa selalu haus, dada terbakar, sakit kepala, wajah memerah dan sesak nafas.
9. Kandungan Sodium
Mie instant juga kaya akan sodium yang dapat menyebabkan darah tinggi, penyakit jantung, stroke dan kerusakan pada ginjal. Terutama jika Anda sering mengkonsumsi mie instant, potensi terserang penyakit tersebt sangat tinggi.
10. Memberi Pengaruh Buruk bagi Kesehatan
Mie instant juga junk food yang mengandung karbohidrat sangat tinggi dan tanpa tambahan vitamin, mineral atau serat. Kandungan lemak jenuhnya juga tinggi sehingga kalori didalamnya memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan.
SHARE

Gilang Luigi

Hallo, untuk kritik dan saran silahkan post di komentar. Terima Kasih.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Semoga blog saya bermafaat untuk anda baca, meskipun artikelnya kurang bagus atau menarik, mohon dimaafkan. karena saya bukan mahkluk sempurna